Social Follow

Kontribusi

Tulisan ini sepenuhnya hanya untuk memberikan informasi tentang Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang. Tulisan-tulisan yang di Blog ini secara keseluruhan represenatif akan tetapi tulisan-tulisan yang berada dalam sudut pandang penulis tanpa mengabaikan fakta-fakta yang ada.Bagi yang ingin berkontribusi silakan kirim tulisan ke silatsungaipatai@gmail.com tema tulisan meliputi Sejarah, Budaya, maupun hal unik yang ada di Sungai Patai. kami juga menerima tulisan yang berkenaan dengan Sungai Patai dimanapun berada.Semoga Bermafaat.

Instagram

Search This Blog

Blog Archive

Stay Connected

Sidebar Ads

Pages

Kubang Bareh dari Tanah Datar

Ketika acara sunatan rasul adik penulis tahun 2009, ada kejadan menarik yang membuat geli orang yang hadir waktu acara. Teman penulis datang dari daerah Padang yang kebetulan juga pergi penelitian di daerah Saruaso. Waktu itu singgah terlebih dahulu di Sungai Patai kampung penulis untuk menghadiri acara kenduri. Berbagai aneka makanan yang dihidangkan mulai dari gulai, goreng, randang, sampai makanan penutup seperti sarikaya, kubang bareh, lopek.
Setelah makan dihidangkan, disitulah awal ceritanya. Dengan sigap teman ini mengambil makan bentuk bulat untuk dimakan. Pada saat gigitan pertama terlihat rona wajah yang agah aneh. Dia merasakan makanan tersebut manis. Singkat cerita dia mengira makan tersebut adalah pegedel kentang. Dan makan yang dimakan itu adalah kubang bareh
Mungkin hanya segelintir orang orang yang mengetahui tentang masakan ini. Kubang  bareh selama ini jika berbicara ingatan orang hanya terpaku pada martabak mesir asal nagari Kubang di Lima Puluh kota yang namanya telah tersohor di ranah minang. Namun makanan yang satu ini berbeda dengan kubang yang dikenal selama ini.
kubang Warna Coklat
kubang Warna Hitam
Jika menghadiri acara keduri di sebagian daerah kabupaten tanah datar, seperti pesta perkawinan atau sunatan rasul, dapat ditemui makanan ini. Bentuk bulat, hanya ada 2 warna yaitu coklat, putih, dan ungu. Cara masaknya pun di goreng. Kubang bareh adalah sejenis panganan yang terbuat dari tepung beras berwarna coklat, tepung ketan putih berwarna putih dan ketan hitam berwarna ungu. Mungkin sulit juga menemukan kubang bareh ini karena hanya da sewaktu acara kenduri.
Dalam pararakan perkawinan, para pengiring membawa beberapa makanan wajib. Makan ini dibawa mengunakan dulang atau talam semacam kuning besar dengan diameter kira-kira 30 cm yang diletakan diatas kepala dengan ditutupi sulaman benang emas dan kain berudu. Talam ini berisi aneka makanan seperti kubang bareh (makanan dari tepung beras yang berbentuk bulat, hanya ada 2 warna yaitu coklat, putih, dan ungu. Cara masaknya pun di goreng. Kubang bareh adalah sejenis panganan yang terbuat dari tepung beras berwarna coklat, tepung ketan putih berwarna putih dan ketan hitam berwana ungu nasilamak dari sipuluik, wajik, kue pengantin dan kue – kue kecil.

Post a Comment

Copyright © SUNGAI PATAI. Designed by OddThemes