Social Follow

Kontribusi

Tulisan ini sepenuhnya hanya untuk memberikan informasi tentang Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang. Tulisan-tulisan yang di Blog ini secara keseluruhan represenatif akan tetapi tulisan-tulisan yang berada dalam sudut pandang penulis tanpa mengabaikan fakta-fakta yang ada.Bagi yang ingin berkontribusi silakan kirim tulisan ke silatsungaipatai@gmail.com tema tulisan meliputi Sejarah, Budaya, maupun hal unik yang ada di Sungai Patai. kami juga menerima tulisan yang berkenaan dengan Sungai Patai dimanapun berada.Semoga Bermafaat.

Instagram

Search This Blog

Blog Archive

Stay Connected

Sidebar Ads

Pages

Unik Masa Kecil

Setiap generasi tentu ada hal unik dan lucu jika dikenal sudah menginjak dewasa. Zaman kanak-kan merupakan cerminan kepolosan yang mungkin saat ini masih dapat di kenangan sebagai nostalgia baik untuk diri sendiri maupun dengan teman sejawat. Disini sedikit berbagi tentang keunikan masa kecil yang dianggap lucu setelah dewasa.

Yuk kita mulai dari permainan
Berbagai permainan masa kanak-kanak yang tidak membutuhkan modal banyak, mulai dari main kelereng, karet, gambar, sampai pada main petak umpet. Beberapa permainan ini sudah lazim pada zaman di berbagai daerah. Di Sungai Patai ada permainan unik dalam salah satuya petak umpet. Media atau alat yang dipergunakan dalah satunya sayak. Sipak sayak betigu lah anak-anak menyebutnya. Permainan ini intinya sama dengan petak umpet akan tetapi sebelum bersembunyi ada cara untuk dapat bersembunyi.
Sebelumnya saya ada satu orang yang jaga atau disebut dengan konai asab. Orang ini menginjak sayak atau tempurung kelapa didalam lingkaran. Kira-kira diameter sebesar saya tersebut. Satu kaki menginjak sayak dan satu kaki lagi untuk tumpuhan menjangkau orang-orang sekeliling. Jika yang kena sentuh maka dialah yang mengantikan orang yang jaga atau konai asab.
Pemain-pemain berkeliling mengitari orang yang jaga sambil bernyanyi. Nyanyiannya tersebut yaitu “ndak osa ibo…. Ndak osa ibo… ndak osa ibo…” (tidak boleh dikasih) sampai sayak tersebut berhasil di sepak keluar dari lingkaran.
Namun, jika saya tersebut berhasil disepak keluar dari lingkaran tadi maka semua pemain berpencar sampai posisi sayak yant di sepak tadi diletakkan ditempat semua. Permainan ini juga disebut dengan  main sasughuak. Sughuak dalam bahasa Indonesia bersembunyi.
Sebelum bermain ditentukan batas tempat sembunyi. Tempat persembunyian bermacam-macam, ada di kolong rumah, ada dibelakang pohon, ada dibalik semak berbagai. Uniknya permainan juga sarat dengan persekongkolan. Persekongkolan ini terjadi juga yang konai asab orang yang dibenci, atau yang sering di olok-olok.

Setelah permainan kita lanjut penyimpan uang. Pernah pergi bermain membawa uang namun baju tidak mempunyai kantong. Semasa kecil cara yang paling ampuh adalah mengikat uang di baju bagian depan. Masih seputar masalah menyimpan uang. Mungkin anda pernah menabung mengunakan bambu.

Post a Comment

Copyright © SUNGAI PATAI. Designed by OddThemes