Social Follow

Kontribusi

Tulisan ini sepenuhnya hanya untuk memberikan informasi tentang Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang. Tulisan-tulisan yang di Blog ini secara keseluruhan represenatif akan tetapi tulisan-tulisan yang berada dalam sudut pandang penulis tanpa mengabaikan fakta-fakta yang ada.Bagi yang ingin berkontribusi silakan kirim tulisan ke silatsungaipatai@gmail.com tema tulisan meliputi Sejarah, Budaya, maupun hal unik yang ada di Sungai Patai. kami juga menerima tulisan yang berkenaan dengan Sungai Patai dimanapun berada.Semoga Bermafaat.

Instagram

Search This Blog

Blog Archive

Stay Connected

Sidebar Ads

Pages

Karomah Syekh Lokuah Sikunci

ak banyak generasi muda sekarang yang tau tentang kisah ini,Penulis sendiri mengetahui kisah ini dari guru ngaji penulis di Sungai Patai dan kemudian Penulis bertanya kembali tentang kisah ini kepada sang Kakek,kepada penulis sang kakek menuturkan bahwa kisah ini memang benar adanya tetapi tanggal,bulan dan tahun tidak diketahui.
Sebelum membaca kisah ini sebaiknya kita ketahui dulu apa yang dimaksud dengan Karomah atau Keramat.
Karomah/Keramat berasal dari bahasa arab كرم yang berarti kemuliaan, keluhuran, dan anugerah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena ketaqwaanya kepada Allah SWT.
Menurut para ulama sufi, karamah berarti keadaan luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada para wali-Nya. Wali ialah orang yang beriman, bertakwa, dan beramal shaleh kepada Allah SWT.
Allah SWT berfirman dalam Q.S. Yunus: 62-64,
أَلا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلا هُمْيَحْزَنُونَ۞ الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ۞ لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ……
“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka, dan mereka tidak bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat….”
Ulama’ sufi meyakini bahwa para Wali mempunyai keistimewaan, misalnya kemampuan melihat hal-hal ghaib yang tidak dimiliki oleh manusia umumnya. Allah SWT dapat memberi karamah kepada orang beriman, takwa, dan beramal shaleh menurut kehendaknya.
Pada tanggal,bulan dan tahun yang tidak diketahui Wafatlah seorang Ulama di Lokuak Sikunci Sungai Patai,tidak ada lagi generasi sekarang yang mengetahui nama Ulama tersebut.
Sesuai dengan hukum fiqih dalam Islam jika seseorang meninggal dunia maka kewajiban atau fardhu kifayah bagi orang yang yang masih hidup ialah Memandikan,Mengapani,Menyolatkan lalu Menguburkan, setelah melaksanakan fardhu kifayah yang pertama sampai ketiga para pelaksana fardhu kifayah tentu saja berkeinginan melakukan fardhu kifayah yang keempat yaitu menguburkan,liang lahat pun sudah selesai digali.
Ketika para pelaksana fardhu kifayah bermaksud menurunkan jenazah ke dalam liang lahat,tiba-tiba jenazah ghaib atau hilang dari pandangan mata zahir,para pelayat kaget dan mencari dimana jenazah tersebut berada,namun tiba-tiba terdengarlah suara tahlil dari suatu tempat kemudian para pelaksana fardhu kifayah menelusuri dari mana suara tahlil tersebut berasal,setelah sampai ditempat dimana suara tahlil itu berasal,para pelaksana fardhu kifayah melihat gundukan tanah merah pemakaman yang kelihatannya baru saja dilaksanakan pemakaman jenazah namun para pelaksana fardhu kifayah tidak melihat siapapun disana cuma suara tahlil saja yang kedengaran.Entah siapa yang telah memakamkan jenazah,entah siapa yang menggali liang lahat,Wallahu`alam bissawab.
Setelah peristiwa ini makam beliau ramai dikunjungi para peziarah,bahkan perhelatan akbar pun sering digelar di sini yang dinamakan dengan bakawua,atau melakukan kenduri besar-besaran dengan menyemblih kambing, Perhelatan ini di Sungai Patai dikenal dengan sebutan " Bakawuagh di Lokuak Sukunci".
lokasi pemakaman Syekh lokuah sikunci kini masih misterius tapi ado beberapo dugaan dan jejak yang bisa di temui. tidak jauh dari medan nan bapaneh ateh lago arah jam satu. di situ di temui tumpukan batu secara fisik batu tersebut di sama dengan batu yang ada di sekitar lokasi menandakan batu tersebut bisa jadi di angkut dari kali atau tempat lai dari lokasi berbeda. lokasi tersebut juga berada dekat pohon besar di tepi ngarai. untuk saat ini baa kitonkembali mengali ilmu yang pernah syehk lokuah sikunci ajarkan. ingatan kolektif masyarakat yang terus di jaga secara turun temurun menjadi kunci. secara pribadi kuat dugaan saya bahwa syekh lokuak sikunci adalah ulama pertama di sungai patai.

Post a Comment

Copyright © SUNGAI PATAI. Designed by OddThemes