Social Follow

Kontribusi

Tulisan ini sepenuhnya hanya untuk memberikan informasi tentang Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang. Tulisan-tulisan yang di Blog ini secara keseluruhan represenatif akan tetapi tulisan-tulisan yang berada dalam sudut pandang penulis tanpa mengabaikan fakta-fakta yang ada.Bagi yang ingin berkontribusi silakan kirim tulisan ke silatsungaipatai@gmail.com tema tulisan meliputi Sejarah, Budaya, maupun hal unik yang ada di Sungai Patai. kami juga menerima tulisan yang berkenaan dengan Sungai Patai dimanapun berada.Semoga Bermafaat.

Instagram

Search This Blog

Blog Archive

Stay Connected

Sidebar Ads

Pages

Sungai Patai Perlu Pustaka

Sungai patai perlu pustaka itulah sekelumit pendapat dari admin bagaimana agar nagari sungai patai maju berbasis ilmu pengetahuan. keberadaan pustaka di sungai patai sudah menjadi sebuah keharusan agar masyarakat sungai patai mampu meningkatkan sumber daya manusianya.
A.    Latar Belakang
Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan.Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan. Ketika kita mendengar kata perpustakaan, dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak sebuah ruangan. Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita mau memperhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap. Karena setumpuk buku yang diatur di rak sebuah toko buku tidak dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan. Memang pengertian perpustakaan terkadang rancu dengan dengan istilah – istilah pustaka, pustakawan, kepustakawanan, dan ilmu perpustakaan. Secara harfiah, perpustakaan sendiri masih dipahami sebagai sebuah bangunan fisik tempat menyimpan buku – buku atau bahan pustaka.
Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Banyak kalangan terfokus untuk memandang perpustakaan sebagai sistem, tidak lagi menggunakan pendekatan fisik. Sebagai sebuah sistem perpustakaan terdiri dari beberapa unit kerja atau bagian yang terintergrasikan melalui sistem yang dipakai untuk pengolahan, penyusunan dan pelayanan koleksi yang mendukung berjalannya fungsi – fungsi perpustakaan.
Sebagai saraana pendidikan keberadaan pustaka di setiap nagari dirasakan sudah penting, mengingat beragamnya infromasi yang tersebar di dunia maya yang harus difilter. Pengadaan pustaka menjadi salah satu caranya agar masyarakat terutama generasi muda tidak saja mereima infrmasi yang keabsahannya belum teruji sebagaimana buku. Pustaka dapat menjamin Informasi elektronik tentang informasi manajemen hak pencipta tidak boleh ditiadakan atau diubah” berdasarkan pasal tersebut, maka perpustakaan dalam mendigitalkan koleksi tetapi tetap mencantumkan identitas penulis aslinya,
selain itu, pergaulan bebas generasi muda dapat ditekan dengan gerakan kembali menbaca buku-buku sehingga mereka kaya akan informasi. Pendidikan infromasi ini menjadi penting untuk menekan pola prilaku generasi muda seperti pergaulan bebas, narkoba, miras dan prilaku buruk lainnya.
Pengadaan pustaka ini nantinya dapat berkontibusi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama generasi muda yang menjadi penerus bangsa. Perpustakaan sebagai media edukasi (pendidikan), perpustakaan menyediakan pembelajaran seumur hidup. Perpustakaan sebagai media informatif, informasi yang dibutuhkan pengguna dapat dicari diperpustakaan. Perpustakaan sebagai media penelitian, sumber-sumber informasi yang ada di perpustakaan dapat menjadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian seperti pembuatan makalah,skripsi, dan penelitian yang lain. Perpustakaan sebagai media cultural, perpustakaan menyimpan khasanah budaya bangsa serta meningkatkan nilai dan apresiasi budaya dari masyarakat sekitar. Perpustakaan sebagai media rekreasi, sebagai tempat yang dapat memberikan hiburan pada para pengguna, di era digital ini perpustakaan dapat dijadikan tempat hiburan bagi para pengguna di akhir pekan.
B.     Tujuan
1.      Terciptanya nagari yang berbasis pengetahuan dalam memyongsong Indonesia Dream tahun 2025
2.      Menyiapkan masyarakat yang kaya informasi
3.      Terciptanya generasi muda yang aktif dan kaya informasi
C.    Program
1.      Pengadaan buku-buku berbasis pengetahuan umum, jurnal, majalah dan koran
2.      Pemutaran film-film berbasi edukasi
3.      Diskusi umum dan bedah buku
4.      Pergelaran seni dan kebudayaan (Silat Sungai Patai)
D.    Langkah Kerja
1.      Pengadaan lokasi dan menerima sumbangan buku dari masyarakat
2.      Melakukan diskusi ilmiah sebagai untuk menarik minat masyarakat
3.      Melakukan pemutaran film
E.     Kesimpulan

Besar harapan kami untuk mewujudkan pustaka nagari Sungai patai dan dukungan masyarakat. Sipa terima kritikan dan saran

Post a Comment

Copyright © SUNGAI PATAI. Designed by OddThemes