Social Follow

Kontribusi

Tulisan ini sepenuhnya hanya untuk memberikan informasi tentang Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang. Tulisan-tulisan yang di Blog ini secara keseluruhan represenatif akan tetapi tulisan-tulisan yang berada dalam sudut pandang penulis tanpa mengabaikan fakta-fakta yang ada.Bagi yang ingin berkontribusi silakan kirim tulisan ke silatsungaipatai@gmail.com tema tulisan meliputi Sejarah, Budaya, maupun hal unik yang ada di Sungai Patai. kami juga menerima tulisan yang berkenaan dengan Sungai Patai dimanapun berada.Semoga Bermafaat.

Instagram

Search This Blog

Blog Archive

Stay Connected

Sidebar Ads

Pages

Sungai Patai Mengadakan Batagak Panghulu


Nagari Sungai Patai, Sudah lama tidak menyelenggarakan alek Nagari Bagatak panghulu atau malewakan gala. Sudah hampir 20 tahun lebih bagatak panghulu tidak dilaksanakan di Sungai Patai. Saat ini sudah saatnya nagari Sungai Patai meregenerasi pimpinan adat. Terakhir acara batagak penghulu dilangsungkan pada dekade 1990-an.

Malewakan gala penghulu sudah menjadi syarat mutlak agak kehidupan bakampung jdan beradat berjalan sesuai tatanan adat Minangkabau. Banyak dari penghulu yang telah meninggal beberapa tahun belakang tentunya harus ada penganti dalam memimpin kaum.  Sesuai dengan adat lamo pusako usah yang dipakai di Sungai patai “ Ramo-ramo sikumbang jati, Chatib endah pulang bakudo, Patah tumbuah hilang baganti, Pusako lamo disinan juo” maka alek nagari batagak panghulu perlu dilakukan.
Panitia acara melalui seksi acara mengkonfirmasi acara inti bagatak panghulu dilkasanakan dalam 2 hari pada tanggal 12-13 April 2017.
Adapun Susunan Pengurus Panitia Pelaksana  ALEK BATAGAK PANGULU Nagari Sungai Patai 2017.
Ketua.         : Irfan Zainora
Wakil.          : Bendrizon
Sekretaris.    : Lela Monicha
Wakil.          : Yopi Burnama
Bendahara   : Hj. Mendong
Seksi Acara : Delpri Hendri
Seksi Seni.   : Asri
Seksi Adm.  : Irsa
Seksi Dekorasi : Dafrinalto

Untuk rangkaian acarannya pada hari Rabu 12/04/2017 didahului dengan membantai kerbau sebagai petanda acara inti batagak penghulu dimulai. Kerbau dibantai pada sore hari atau sehari sebelum melewakan gala. Malam harinya memasak daging kerbau yang dibantai atau di Sungai padai rangkaian acara memasak ini dikenal dengan mangulai.
Pada hari Kamis 13/04/2017, Paginya calon pengulu yang akan dilewakan diminyaki terelbih dahulu oleh Datuak Pucuak.  Selanjutnya calon penghulu melaksanakan Shalat Sunat di Mesjid Nagari. Dari Mesjid Nagari, calon penghulu diarak ke balaii-balai adat untuk dilakukan pengambilan sumpah.

Tim Penyambutan Tamu ( Bupati ) sudah bersiap di Jalan Raya dengan Tari Gelombang dan Sekapur Siriah oleh Puti Bungsu dan undangan diarahkan menuju Gedung SD 01 ( Tempat Acara ).
Susunan acara di Gedung SD 01 ( Tempat Acara ).
1. Acara Pembukaan
2. Pembacaan Wahyu Ilahi
3. Pembacaan Do'a
4. Kata Sambutan dari Panitia
5. Kata Sambutan oleh KAN
6. Sakapuah Siriah (Sambah Kato Tagak)
7. Pengukuhan Pangulu
8. Pertunjukan Seni
9. Kata Sambutan Bupati
10. Isomah
11. Pergelaran Tari dan Silek Sungai Patai
12. Foto Bersama
13. Acara inti Selesai

Pada malam harinya, ada pertunjukan seni dan basalung samalam suntuk bentuk pelestarian seni dan Budaya yang ada di Sungai Patai. untuk pertunjukan silek tradisi ada 10 pasang pemain yang akan memperagakan silat sungai Patai. Begitulah rangkaian alek Nagari batagak panghulu di Sungai Patai. Mari sama-sama kita berdoa agar melewakan gala ini berjalan lancar dan  para pemimpin adat yang dilantik ini mengemban amanah sesuai dengan adat Minangkabau. By : Seksi Acara ( Feri Payobada )

Post a Comment

Copyright © SUNGAI PATAI. Designed by OddThemes