Social Follow

Kontribusi

Tulisan ini sepenuhnya hanya untuk memberikan informasi tentang Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang. Tulisan-tulisan yang di Blog ini secara keseluruhan represenatif akan tetapi tulisan-tulisan yang berada dalam sudut pandang penulis tanpa mengabaikan fakta-fakta yang ada.Bagi yang ingin berkontribusi silakan kirim tulisan ke silatsungaipatai@gmail.com tema tulisan meliputi Sejarah, Budaya, maupun hal unik yang ada di Sungai Patai. kami juga menerima tulisan yang berkenaan dengan Sungai Patai dimanapun berada.Semoga Bermafaat.

Instagram

Search This Blog

Blog Archive

Stay Connected

Sidebar Ads

Pages

Tuah mata Air Ngungun

Bernostalgia bagi generasi pernah marathon atau hari pagi setiap minggu mempunyai cerita sendiri tentang mata air Ngungun ini. Sambil menghilangkan pegal-pegal dan melepas dahaga mata air Ngungun ini menjadi primadona.
“Katiko zaman ketek-ketek dulu kito kodok pai marathon, pulang marathon singgah dulu k aia kolek Ngungun, aianyo janiah namun taraso agak kolek-kolek saketek, kalo minum aia ko rasonyo sabana sajuak, lopeh awuih awak dek nyo” kenang Zulfahmi dalam halaman facebook Nagari Sungai Patai

Mata Air Ngungun ini telah memberikan tuahnya sendiri untuk nagari Sungai Patai. Kekayaan alam ini telah mensugersti masyarakat karena mata air ini dapat langsung diminun tanpa takut disenteri. Juga kebiasaaan anak-anak sekolah dasar yang pulang sekolah mencicipi air ini untuk melepaskan dahaga.
Sumber Foto Hen Opuak
Sekarang ini bak penampungan air ini telah beralih dari tempat semula yang terletak disamping jalan. Pada awalnya bak penampunganya berukuran 1m x 1m. semakin besarnya kebutuhan mansyarakat terhadap air ini bahkan setelah masuk teknologi pemanas air dengan mengunakan listrik dengan wadah Galon. Kebutuhan air wadah gallon ini diambil dari mata air Ngungun ini maka bak penampungan diperbesar tidak jauh dari lokasi semula.
Air sudah menjadi sumber energy bagi setiap manusia. Banyak fungsi air bagi tubuh manusia. Antara lain pengganti ion tubuh salah satu manfaat air bagi pengganti ion tubuh karena setelah seharian kita menjalani aktivitas yang melelahkan tentu banyak energi yang hilang dalam tubuh kita. maka air sangat dibutuhkan pelepas dahaga yang baik bagi kesehatan tubuh kita. menjaga keseimbangan tubuh karena faktanya bahwa tubuh kita seputar 60 % nya terdiri cairan. cairan dalam tubuh ini memiliki fungi masing masing diantaranya proses pencernaan, penyerapan sari sampai dianjurkan untuk mengkonsumsi air seluruh 8 gelas setiap harinya.
Berkaitan dengan air, nagari Sungai Patai memiliki sumber mata air yang konon katanya bertuah. Nama mata tersebut adalah mata Air Ngungun. Mata Air ini tidak pernah kering walaupun berliter-liter air ini dipergunakan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan rumah tangga.
Menarik dari mata air ini adalah tuahnya itu sendiri. Orang-orang yang pernah singgah atau bertamu ke Sungai Patai akan disuguhkan air minun dari mata air Ngungun ini. Tujuannya adalah untuk mebuat senang hari tamu untuk tinggal di Sungai Patai dan berharap tidak jemu untuk datang kembali ke nagari ini. Seandainya sudah minum Mata air Ngungun ini berharap tuah air Ngungun ini untuk orang yang mencicipi. Mata air ngungun sudah menjadi cerita rakyat dalam masyarakat Sungai Patai untuk jamuan kepada tamu agar tidak bosan berkunjung ke Sungai Patai.
“Sabagian rang tuo-tuo magatokan kalo ado tamu datang dari lua Sungai Potai agiahlah aia Ngungun nak sonang atinyo di Sungai Potai. aia ko batuah juo ruponyo,kecek rang tuo-tuo”  tutur Zulfahmi dalam halaman facebook nagari Sungai Patai

Tuah Air Ngungun sudah menjadi bagain dari cerita-cerita untuk berkunjung ke Sungai Patai. Penasaran…

Mari berkunjung, agaknya menjadi referensi perjalanan anda.

Post a Comment

Copyright © SUNGAI PATAI. Designed by OddThemes